Tentang Tiket dan Pengalaman-Pengalamannya

Suda lama sekali rasanya semenjak terakhir kali saya pergi ke suatu tempat, entah objek wisata atau lokasi apalah, trus nyimpan tiket masuknya.

Dulu saya suka ngumpulin kalo ada tiket perjalanan sama tiket tempat wisata. Soalnya di kampung, saya termasuk anak rumahan. Begitu dapat banyak kesempatan jalan-jalan, senang buat simpan kenangannya, termasuk karcis dan tiket-tiketnya (selain foto). Tapi satu dua tahun belakangan udah bodo amat wkwk.

Nah hari ini saya ngabisin hari minggu di kawasan puncak menoreh, tepatnya di Tumpeng Menoreh. Dan dapat tiket masuk. Tumben tumbenan begitu liat tiketnya, sekilas saya teringat sama kebiasaan saya dulu yang suka ngumpulin tiket main. Jadilah kepikiran untuk tiketnya saya keep dan langsung berniat untuk nulis soal ini di blog.

Untuk melengkapi tulisan ini, saya perlu buku koleksian tiket-tiket terdahulu. Sebagai dokumentasi pendukung. Tapi saya harus ambil ke tempat adik, karena dulu saya simpan buku koleksian di kosannya dia.

Oke, saya mulai nostalgianya. Tidak akan saya jelaskan semua, lagian siapa juga yang mau baca. Ta tunjukin yang berkesan, itu juga beberapa aja. Semua dimulai sejak tahun 2011.

Tiket pertama saya untuk memulai perjalanan keluar dari Nusa Tenggara. Dulu naik kapal laut. Saya sudah sering naik kapal laut lintas pulau, hanya saja sebelumnya saya belum pernah sama sekali pergi ke wilayah di luar Nusa Tenggara. Dan tiket kapal ini pun sebenarnya hanya sampai di Lombok, yang notabene masih masuk kawasan Nusa Tenggara. Tapi ini menjadi perjalanan awal untuk keluar, karena dari Lombok saya langsung bertolak ke Jogja via Surabaya.

Tiket pertama kali saya naik pesawat. Ini lanjutan dari perjalanan saya dari Lombok ke Jogja. Karena ga ada tiket langsung, transit dulu di Surabaya. Banyak hal menarik yang terjadi, maklumlah anak kampung yg baru ngerasain naik pesawat pertama kali :D

Nah yang menarik dan baru saya sadari juga, dulu boarding passnya masi pake prinprinan HVS. Ga kaya sekarang yang sudah seperti tiket karcis.

Tiket pertama saya naik kereta api. Ini dulu pas diajak Alek main ke rumahnya di Jakarta dan sekaligus untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Ibu Kota Republik Indonesia Raya merdeka merdeka tanahku negeriku yang kuciiiiintaa. Saya tidak sendiri, saya berangkat sama Ari. Tiketnya agak beda sama sekarang. Dulu misal berangkat bedua atau betiga, tiketnya satu dengan nama perwakilan aja. Untuk jumlah penumpang, dicantumkan di kolom di bawahnya. Kalo sekarang kan satu orang satu tiket.

Karena Ari ga terlalu peduliin soal tiket perjalanan, jadilah saya yang nyimpen tiketnya. Terus terus, dulu juga kereta kelas ekonomi ga setertib sekarang. Masi ada yang tiduran di lantai, pengamen lalu lalang, plus ga ada AC. Tapi emang murah, 35 ribu doang wkwk.

Tiket pertama saya ke Luar Negeri, waktu itu ke Singapura. Soalnya salah satu negara teraman untuk mencoba ke luar negeri pertama kali adalah Singapura. Itu jadi salah satu pertimbangan selain karena dapat promo tiket murah. Apalagi saya kesana sendiri. Kalo mau langsung ke Kuba atau Korut, masih belum berani saya.

Tiket pertama kali saya ke Eropa, Jerman Tepatnya. Kalo ini ga kepikiran sih, untung diajak sama Mirza dkk yang kebetulan nemu program untuk berkunjung ke sana.

baru sadar yang ke Jepang belum sempat masukin buku koleksi wkwk

Tiket pewujud cita-cita. Akhirnya untuk pertama kalinya saya ke Jepang. Suatu waktu Alek chat, ngabarin kalo ada promo ke Jepang murah. Cita-cita yang rencananya akan tercapa dua atau tiga tahun lagi, bisa terwujud lebih cepat. Syahduuu pokoknya yang ini.

*Boarding pass, tinta print untuk data penerbangan ga ada yang awet hmmh

Yapp, itu beberapa dari sekian banyak tiket perjalanan yang pernah saya kumpulkan. Masih banyak sebenarnya yang juga berkesan, misal waktu pertama kali ke Ibu Kota tadi, saya pertama kali naik Monas. Di kesempatan lain saya nyoba pertama kali KRL, pertama kali naik TransJakarta busway, semua kartu dan tiketnya masih saya simpan.

Ada juga tiket pertama kali saya ke pulau Sulawesi, tiket pertama kali naik bus antar propinsi, karcis pertama kali naik gunung dan semua muanya. Cuma masa iya saya taruh dan jelasin semuanya di sini. Pokoknya gitu, dulu saya suka koleksi tiket sama karcis perjalanan dan wisata. Bahkan tiket masuk ke objek objek remeh juga saya simpan, malah ada juga yang karcis parkir.

Sekarang keknya muncul lagi niatan untuk ngelakuin hal yang sama. Hanya saja lebih dipilah pilah. Ga semuanya seperti dulu.

banyak yg belum dimasukin ke buku koleksi

Ini mau dibilang hobi juga keknya kurang cocok. Kegiatan orang selo. Memang pas awal awal mulai, cuma sekedar ingin mengabadikan pengalaman. Tapi beberapa tahun setelahnya, ketika nambah karcis baru, terus liat kembali yang lama langsung terlarut dalam nostalgia.

Nah ketika tadi saya buka kembali setelah 10 tahun mulai koleksi, walopun dua tiga taun belakangan off, saya seakan kembali ke masa lalu. Jadi Ingat "oh ini pas saya ke sini", "saya pernah ke sini", "ini pertama kali saya ke sini", "dulu pas ke sini sama si A B C". Sedikit memutar waktu.

Sederhana, tapi terkadang hal hal seperti itu yang bisa menghibur ketika di sela sela kebosanan atau pas capek kerja. Cuma ya jangan tiap hari, malah ga jadi spesial. Ngumpul tiket ato karcis boleh sering, tapi review kenangan, setahun atau beberapa taun sekali saja.

Oke, sekian

Oya, untuk cerita lokasi Tumpeng Menoreh yang sempat saya mention tadi, akan saya ceritakan di post terpisah.

Kalo ga malas...

Post a Comment

0 Comments