Pasar Kethip FKY 2019, Kembali ke Masa Lalu

Yaaaa... event tahunan Festifal Kebudayaan Yogyakarta (FKY) hadir kembali. Semalam saya mengunjungi FKY 2019 di Kampung Mataraman.

Saya bukannya ingin menceritakan panjang lebar mengenai festival ini, karena saya yakin semua sudah tau. Dan bagi yang belum tau, banyak sekali artikel yang membahas mengenai FKY di internet. Jadi bagi kalian yang kebetulan mengunjungi Jogja di bulan ini, monggo mampir ke FKY 2019, even tahunan Jogja yang wajib dikunjungi wisatawan wkwk


Lalu, apa yang ingin saya ceritakan di sini? Yaitu kehadiran pasar kethip di tengah perhelatannya. Apa itu pasar kethip? nanya lagi nih. Saya juga sebenarnya baru tahu, pasar ini adalah pasar yang transaksi pembayarannya menggunakan uang yang terbuat dari tanah liat. Bingung kan? kalo yang sudah tahu mungkin tidak.

Jadi rasanya seperti kembali ke zaman tradisional. Sebagian besar memang FKY ini sama seperti festival pada umumnya. Ada beberapa panggung musik, stand kuliner tradisional hingga makanan milenial, stand kerajinan dan stand-stand jualan yang lain. Yang membuat unik ya tadi itu, transaksinya menggunakan kepingan tanah liat atau kethip. Mata uangnya kethip, ada 5 kethip, 10 kethip, dan 20 kethip.

Tempat penukaran Uang
Bagaimana jika kita ingin mendapatkan kethip di FKY? Sangat mudah, karena tersedia tempat penukaran uang di beberapa titik di lokasi FKY.

Semalam karena saya belum tahu, saya menghampiri salah satu stand makanan tradisional. Saya ingin membeli kue apem, kata ibu yang jualan "bayarnya pake kethip mas, kaya gini" sambil kemudian menunjuk tempat penukaran uang dengan kethip. Semua harga jualan yang ada di FKY ini mulai dari 5 ribu, 10 ribu, dan kelipatannya. Karena kethip yang tersedia adalah 5 kethip, 10 kethip, dan 20 kethip.


Nilai Tukar Kethip FKY 2019
Lalu berapa nilai tukarnya? *ini dari tadi sok-sok nanya terus. Untuk kepingan 5 kethip bisa ditukar dengan uang 5 ribu rupiah, begitu pula untuk yang 10 kethip dan 20 kethip. Jadi untuk harga makanan atau barang 10 ribu rupiah, kita bisa membayar dengan kepingan 10 kethip, atau 2 dua keping 5 kethip.

Jika kamu menukar terlalu banyak, kamu tidak perlu khawatir. Karena nantinya kethip yang tersisa, bisa kamu tukarkan kembali menjadi uang. Siapa tahu ada yang menukar banyak, lalu sisa. Bagi saya yang baru pertama kali merasakan beli-beli di pasar kethip, rasanya sangat unik. Saya penasaran apakah ada pasar seperti ini selain ketika ada acara festival seperti sekarang ini.

Untuk kamu yang penasaran, boleh lah sempatin waktu untuk berkunjung ke FKY dan merasakan sensasi kembali ke zaman dulu, berbelanja di pasar kethip.

Post a Comment

0 Comments