BDS 2013

Sudah sebulan lebih menelantarkan blog tercinta ini, sekarang baru sempat buka dan posting lagi. Sebulan terakhir ini adalah sebulan paling sibuk, sibuk mengurus BDS. Tanggal 16 Februari lalu secara resmi masa jabatan saya di BDS periode 2012 selesai Tapi seminggu setelah masa itu selesai, saya kembali diterima di BDS untuk periode 2013. Saya daftar lagi bro supaya ada kegiatan :D

Kalau periode kemarin saya ditempatkan di Ministerium für Soziales, sekarang saya masuk di Ministerium für Forderung Und Kreativität, pindah mencari kerjaan baru. Tapi saya tidak akan bahas bagaimana saya mendaftar dan diterima, saya mau menceritakan kegiatan-kegiatan BDS yang membuat saya sok sibuk.

Latihan Dasar Kepemimpinan
Yang pertama LDK,, Jum'at 22 Maret sekitar jam 4 sore anggota baru BDS periode 2013 berkumpul di parkiran C13 dan sejam kemudian langsung berangkat manuju TKP. Tahun ini LKDnya di Banyu Sumilir desa wisata Sorowulan, Sleman. Di perjalanan kesana saya dan Ari sempat kesasar dikit gara-gara Ari agak lupa jalanya, tapi tetep sampai di tujuan berkat nanya warga sekitar.
Yeeeee!!!
Di hari pertama seperti biasa sama seperti saat LDK tahun lalu, kami mendengarkan materi mengenai Organisasi dan kepemimpinan. Kemudian pentas seni yang menghibur dengan kegokilan serta kekonyolannya, setelah itu ber-Api unggun ria. Bedanya tahun lalu ada jerit malam tapi tahun ini hanya jalan saja tidak ditakut-takutin. Hari berikutnya kami diajak untuk jalan pagi melintasi desa, tidak begitu terlalu menarik sih dibandingkan dengan tahun lalu, ada games sama trackingnya. setelah jalan pagi, lanjut sarapan, mandi, dan mendengarkan materi dari pemateri yang kedua trus selesai, nongkrong-nongkrong lalu beres-beres. Sekitar jam setengah 2 siang kembali ke rumah masing masing.

Ayo Keliling Dunia JEC
Di sela-sela kesibukan mempersiapkan HUT BDS ke-11, Pendidikan Bahasa Jerman UNY diundang untuk berpartisipasi dalam pameran Ayo Keliling Dunia di JEC dan BDS dikasi tanggung jawab untuk mengururs acara itu.

Acara ini berlangsung mulai dari tanggal 27-31 Maret 2013 kemaren, sesuai dengan tema acaranya di acara ini terdiri dari stand negara-negara yang dibagi kedalam 6 area berdasarkan benuanya masing-masing *Antartika ikutan tapi tidak ada negaranya cuman suku Eskimo*. nah kami disini mengisi stand negara Jerman yang didekorasi dengan teman "Deutschland Märchenland" artinya dongeng di Jerman.

Saya dan teman-teman paitia yang lain bergadang sampai subuh dan bahkan ada yang tidak tidur sampai pagi saat mengerjakan dekorasi. Pengalaman yang menarik juga sih sebenarnya, karena acara ini jadi bisa merasakan tidur di JEC. Selain itu pas hari H kami juga masih harus jaga standnya secara bergilir, sampai harus izin kuliah. Berkat sedikit pengorbanan waktu, jiwa, raga, dan segenap perasaan kami, acaranya berjalan sukses.

HUT BDS ke-11
Gepetto & Pinnokio
Ini acara yang paling menyibukkan, selain saya ikut kepanitiaan HUT, saya juga ikut sebagai salah satu pemain dalam teater yang akan ditampilkan saat perayaan malam puncak HUTnya. Sebagai pemain, tiap hari saya harus latihan, tidak ada aktivitas lain selain kuliah-latihan-tidur. Disamping itu saya juga harus melaksanakan tugas sebagai panitia.

Judul teaternya "the 11 things for one goal", ceritanya tokoh utamanya bakal menjelajahi berbagai negeri dongeng. Dalam teater ini saya berperan sebagai Pinokio *udah pada tau kan*, disini saya harus berperan sebagai anak yang ceria tapi terkadang cengeng, agak susah sih berekspresi seperti itu (saya tidak punya pengalaman teater) dan yang parah lasi saya juga dapat adegan menyanyi. Ketika latihan bagian ini yang sering ancur, soalnya suara saya masih lebih bagus suara bedug masjid. Saya gugup dan gerogi begitu mendekati hari H dan tentunya pada hari H-nya juga. Tapi untunglah bisa maksimal walaupun itu menurutku, gak tau menurut orang.

Juara BDS liga <~ klasse I
Yang gak enak saya didandaninya bukan kaya boneka kayu tapi malah kaya boneka besi karat, pakai make up mukanya item banget. HUT BDS tidak hanya dirayakan dengan malam puncak. Banyak rangkaian acara yang diadakan BDS saat perayaan ultahnya ini. Ada BDS Liga, Landeskunde atau pengetahuan tentang negara Jerman, Koctwettbewerb atau lomba memasak, Buchstabieren atau mengeja, Mode-Design, Klasse-Fotografieren, serta Ranking 1. Dimulai dari tanggal 1 April sampa malam puncaknya pada tanggal 6 April dan alhamdulillah semua berjalan lancar. Semua lomba itu diperlombakan antar kelas dan kelas saya bisa menyabet juara satu BDS Liga dan lomba masak. Pas dapat juara BDS Liga saya bingung harus senang atau sedih, soalnya di saat bersamaan tangan terkilir dan masih belum pulih sepenuhnya sampai sekarang.

Panitia HUT 11 BDS

Berselang beberapa hari setelah HUT selesai, saya kembali menjadi panitia untuk acara BDS berikutnya yaitu German Camp. Ini acara yang cukup besar karena berskala nasional, jadi harus maksimal nih mengerjakannya. Walaupun sebenarnya butuh istirahat setelah menyelesaikan proker-proker yang sebelumnya.

Semoga acara ini berjalan dengan lancar sesuai harapan. Ganbatte!

Post a Comment

0 Comments