Taman Bunga Matahari Kawasan Pantai Samas, Bantul

Jogja memang selalu memberikan alasan-alasan menarik bagi para wisatawan untuk berkunjung. Ada aja daya tariknya. Salah satunya adalah dengan hadirnya berbagai tempat wisata yang hits dan kekinian. Belakangan ini banyak bermunculan objek wisata-objek wisata yang memang sengaja dibuat untuk menarik wisatawan. Terutama objek wisata buatan yang dipadukan dengan wisata alam. eh piye ya le ngomong? ya pokoknya wisata alam, cuma diedit gitu loh, dipasang ini itu biar keren kalo dipoto. wkwkwk

Misalnya aja nih, hutan pinus Pengger atau Kali Biru. Disana ada beberapa spot yang sengaja dibuat untuk berfoto. Jadi meskipun wisata alam, ada beberapa bagian yang juga buatan. Oke, saya ga bakal ngomong panjang lebar mengenai tempat wisata Jogja secara umum, saya bukan traveler atau pengamat wisata, atau apalah. Saya mau cerita salah satu objek yang lumayan direkomendasikan buat kalian anak hitz, tentunya ketika berkunjung ke Jogja. Saya mau cerita soal bunga matahari.


Objek taman bunga matahari kawasan pantai Samas. Sebenarnya sudah cukup lama tempat ini ada, cuma saya saja yang baru berkunjung. Kebetulan kemarin ada teman SMA yang liburan ke Jogja, pengen diajak main keliling Jogja. Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah taman bunga ini, sekalian biar saya juga pernah ke sini jadinya.

Saya sering lewat kawasan ini ketika main ke kawasan pantai, misalnya pantai Pandansari atau pantai Goa Cemara. Apa lagi di pantai Pandansari ada mercusuar yang pas banget sebagai spot untuk menikmati sunset. Jadi sebelumnya cuma liat-liat doang, belum sempat mampir. Nah baru kali ini nih mampir.

Taman bunga matahari di kawasan ini gak cuma satu, ada beberapa spot yang bisa dijadikan pilihan. Sesuaiin deh sama yang srek di hati, karena beda-beda bentuknya. Ada yang cuma bunga matahari doang, ada juga yang ditanami bunga-bunga lain juga. Nah saya milihnya spot dengan bunga matahari yang lebih banyak mekar. Kebetulan saat itu spot yang terbaik adalah yang paling barat, Romantic Garden kalo ga salah namanya.

Untuk biaya masuk taman, kita cukup membayar Rp. 5.000/orang. Cukup murah menurut saya, udah gitu parkir gratis. Padahal biasanya ketika ada lokasi wisata, pasti ada aja sosok yang tiba-tiba menghuni tempat parkir. Dengan biaya segitu, bebas dah tuh kamu puas puasin menikmati sambil poto-poto. eh ini harga yang untuk Romantic Garden ya (kalo gasalah sih namanya itu), saya kurang tau taman yang lain harganya sama atau gak.

Nah kenapa tadi di awal saya bilang objek ini lumayan direkomendasikan buat anak-anak hitz? Ya karena kebun bunga mataharinya yang syahduuu. Terutama buat netizen sosialita, pas banget buat memperindah feed instagramnya wkwk. Menurut saya lokasi ini selain indah dan nyaman untuk dinikmati, memang cocok banget sebagai latar buat foto. Tidak hanya bunga matahari lho, ada beberapa kembang lain juga yang bisa jadi opsi. Tapi ya tetap keren yang bunga mataharinya sih hehe

Nah asiknya lagi ketika main ke kawasan pantai Samas ini, banyak spot wisata yang lokasinya berdekatan. Setelah puas menikmati taman bunga matahari, kita bisa lanjut menikmati taman yang lain atau malah menikmati pantai, misalnya Pandansari atau Goa Cemara (meskipun tidak seindah pantai-pantai di Wonsari ya). Dan sebagai penutup, kita bisa naik mercusuar pantai Pandansari untuk menikmati senja, melihat sunset. Salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset di Jogja nih. Biaya masuknya pun cukup terjangkau, perorang dipatok harga Rp. 5.000.

oh ya untuk biaya masuk pantai Pandansari hanya membayar biaya parkir.

Biaya masuk lokasi wisata untuk kawasan pantai Samas ini terbilang cukup murah. Mungkin karena tidak begitu populer seperti tempat wisata lain yang populer, bisa belasan sampe puluhan ribu. Atau juga karena sebelum masuk kawasannya harus bayar biaya retribusi Rp. 10.000/orang. Jadi tuh begitu masuk kawasan pantai Samas, kita akan dimintai bayaran di pos retribusi, nah itu bayaran untuk sekedar masuk kawasannya, untuk objek wisata beda lagi. Sama seperti masuk kawasan Parangtritis atau pantai-pantai di Wonosari.

Hmm, apa lagi ya?
itu aja sih keknya, cuma berbagi sedikit cerita soal taman bunga matahari. Sekian cerita hari ini... :)

Post a Comment

0 Comments