Menikmati Hamparan Laut dan Sunset dari Atas Mercusuar Pantai Pandansari

Pantai Pandansari adalah salah satu dari sekian banyak pantai yang ada di selatan Yogyakarta, tepatnya di daerah Bantul. Selain yang sudah populer seperti pantai Parangtritis, Parangkusumo, atau pantai Depok, di daerah Bantul banyak pantai lain yang bisa jadi alternatif tempat wisata. Salah satunya pantai Pandansari ini.

Sangat direkomendasikan untuk kalian yang ingin menikmati laut dan pantai dengan cara yang berbeda. Pantai ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sunset di Yogyakarta.

view dari atas menara
Perjalanan dari pusat kota Jogja menuju pantai ini memakan waktu sekitar satu jam. Bisa menggunakan mobil atau motor. Rute perjalanannya pun terbilang mudah, karena kita hanya perlu menuju ke jalan Bantul kamudian terus mengikuti jalan. Jadi ketika sudah memasuki jalan Bantul, hajar ae luuuurus terus. Dari jalan Bantul kemudian masuk ke jalan Samas, tanpa ada belik kiri belok kanan, ikuti jalan saja. Begitu memasuki area pantai-pantai, kita akan menemukan gerbang retribusi. Per orang dikenai biaya Rp. 7.500 (kalo gak salah, saya pakai motor, mungkin beda kalau mobil), itu untuk hari biasa. Weekend dan hari libur bisa lebih mahal.

Dari gerbang retribusi jalan terus saja, ketika ada persimpangan belok kanan. Sekitar dua atau tiga menit kemudian kalian akan melihat papan nama pantai di sebelah selatan jalan. Tidak hanya pantai Pandansari, ada beberapa pantai lain yang berjejer dan bisa untuk dikunjungi. Misalnya saja pantai Goa Cemara dan pantai Baru. Sampai di pantai Pandansari, akan ada dua lokasi parkir. Bisa parkir di depan area mercusuar atau di area dekat pantai. Beberapa kali saya ke sini, tidak ada biaya parkirnya alias gratis (saya pakai motor).

Ketika melihat pantai ini, sekilas sama seperti pantai-pantai wilayah Bantul lainnya. Tapi jangan salah, ada satu hal yang membuat Pandansari menjadi pantai yang wajib masuk list traveling kamu, menara mercusuar. Pantai ini punya satu menara menrcusuar yang bisa dinikmati masyarakat umum. Kita hanya perlu membayar Rp. 5.000/orang untuk bisa masuk dan naik ke menara ini. Munurut saya cukup murah untuk pemandangan yang bisa kita dapatkan dari atas menara.

Kita akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan pantai selatan yang luas, termasuk daratan yang ada di utaranya juga sih. Tapi perlu waspada, karena angin terasa kencang sekali ketika berada di atas, perlu sekali berhati-hati tidak usah pecicilan. Selain menikmati pemandangan pantai, satu hal yang tidak boleh kalian lewatkan adalah melihat sunset. Karena posisi kita berada di ketinggian, sangat jelas sekali ketika ingin melihat sunset dari sini. Jadi, datang agak sorean, sekitar jam 3 atau 4 agar tidak menunggu golden hour sunset terlalu lama.Rugi kalau datang tapi tidak sampai sore untuk melihat sunset.

Tapi jika ingin datang gasik, misalnya pagi, kalian bisa menikmati pantai terlebih dahulu. Bisa juga main ke pantai Goa Cemara di sebelahnya, jaraknya cukup dekat. menjelang sore baru naik ke atas menara.

Untuk lebih jelasnya silahkan coba berkunjung sendiri ke Pandansari, maaf karena saya hanya bisa menceritakan seadanya :v Yang pasti kalau kalian mencari pantai untuk camping, Pandansari bukan tempat yang pas. Bisa sih bisa, hanya saja karena ombaknya besar susah untuk main air, dan pantainya pun kurang nyaman menurut saya untuk spot camping. Tapi kalau untuk menikmati pemandangan pantai dengan cara berbeda, Pandansari jadi rekomendasi. Apalagi untuk menikmati sunset, spot nomer satulah. eh gak deng, dari bukit Paralayang juga bagus, ya jajaran 5 besar lah wkwkwk.

Post a Comment

0 Comments