Singapore Day 1 : Pengalaman Baru, Habitat Baru, Teman Baru

[Prepare]

Sampai Changi International Airport! Setelah melewati pemeriksaan di bagian keimigrasian, hal yang selanjutnya saya pikirkan adalah nuker duit sama beli EZ link card (berdasarkan saran dari teman dan emang lebih simple pake kartu ini). Tukar duit mudah sekali ditemukan di bandara, jadi saya gak terlalu lama mencari, berikutnya EZ link card. Bentuknyta seperti kartu ATM, tapi dipakai untuk bayar transportasi di Singapura seperti MRT dan Bus, dibeberapa tempat tertentu bisa juga dipake buat belanja. Untuk transportasi, kartu ini tinggal di tap/tempelin di tempat yang disediakan pas masuk ke stasiun MRT (kereta) trus ntar pas udah nyampe tujuan di tap lagi pas keluar dari stasiun, sedangkan kalo naik bus di tapnya pas didalam busnya, kartu ini gak berlaku buat bayar taksi lho ya.

EZ Link Card
EZ Link Card
Ketika nyari tempat buat beli EZ link card ini saya sedikit kebingungan, dan sempat nanya orang di bandara. Ternyata kartu ini bisa didapat di stasiun MRT, jadi dari bandara saya harus naik skytrain (kereta penghubung bandara dan stasiun MRT dan ini gratis) menuju stasiun MRT. Sampai di stasiun saya langsung nyari tempat beli EZ link card, karena kalo pake kartu ini masuk stasiun ato naik bus tinggal tap gak repot beli tiket, dan tentunya karena  kartu ini lebih hemat. Harga kartu ini SG$ 12 (Harga kartunya SG$ 5 dengan saldo SG$ 7), saya langsung top up SG$ 10 biar pas jalan gak khawatir kehabisan saldo. SG$ 17 cukup kok buat 3 hari keliling Singapura. Kalo misalnya kita udah mau balik Indonesia dan saldo masih ada bisa kita tukar kembali duitnya, lumayan buat jajan pas balik Indonesia.
Tempat pembelian EZ link card
Sedikit info, EZ link card ini bisa dipakai jika saldonya lebih dari SG$ 3, jadi kalo sisa saldonya tinggal SG$ 3 kebawah harus di top up (kaya isi ulang gitu).

Mas Dik Doank ya??
*belum selesai make sepatu
Setelah urusan nuker duit dan EZ link card beres, hal terpenting yang harus dilakukan selanjutnya adalah nyari hostel, gak mungkin lah main ke luar negeri nyari musholah buat bermalam. Dari stasiun MRT Changi saya langsung menuju ke destinasi pertama yaitu Bugis Street (stasiunnya Bugis). sampai di Bugis Street saya dengan ekspresi wajah yang masih  kebingungan buru-buru nyari hostel. Nah menariknya, dalam perjalanan mencari alamat hostel gak sengaja ketemu Masjid Sultan (salah satu objek yang ada di list kunjungan) ya sekalian mampir saja. Kebetulan udah hampir masuk waktu Dzuhur , sambil menunggu waktu dzuhur saya mencari makan siang sambil foto-foto. Masuk waktu dzuhur saya langsung wudhu dan shalat. Lucunya pas selesai shalat tiba tiba ada mas-mas yang mau make sepatu,,

Aku: eh, mas Dik Doank ya?
Masnya: ha? bukan! *sambilan senyum sipu
Aku: masa sih, mirip mas Dik Doank *yakin 100%
Masnya: banyak orang bilang gitu, ini Dik Doank versi Singapura
Aku: ooh,, *masih yakin kalo itu mas Dik Doank

bapak-bapak dari Indonesia lewat trus langsung nyapa "mas Dik Doank ya? boleh minta foto bareng?" trus sambil nyodorin hapenya ke saya. Shitt ternyata benar itu mas Dik Doank, saya langsung minta bapak-bapaknya untuk gantian fotoin, aku: "eh beneran mas Dik Doank ya? aku boleh ikutan foto juga ya mas".
Masjid Sultan
Dalam Masjid
Setelah itu, sempat ngobrol bentar sama mas Dik Doanknya, dia ternyata besoknya ada konser, tapi saya lupa nama tempatnya. Trus gitu dia pergi dan saya juga melanjutkan perjalanan mencari hostel.

Hostel
Sebelumnya saya sudah punya beberapa list hostel murah yang sebelumnya sudah saya cari tau lewat internet dan buku buku referensi waktu masih di Indonesia. Target pertama adalah ABC Backpackers Hostel yang berada di jalan Kubor. Sekitar 5 menit perjalanan dari Masjid Sultan sampailah di jalan Kubor dan langsung melihat papan nama ABC Backpackers Hostel.

1. ABC Backpackers Hostel
Hostel ini beralamat di Jalan Kubor no 3, Singapore. Dari Bugis Street sekitar 15-20 menit jalan kaki, tapi jalan di Singapura tuh asik banget gak kerasa capeknya, malah bisa ngehemat saldo EZ link card. Harga termurah SG$ 20 (saya pas kesana langsung nyari harga termurah :P), ketika mau pesan, ternyata ada syarat kalo mau pesan kamar minimal harus 2 orang dan saya cuma sendirian. Singkat cerita, target pertama gagal, langsung menuju ke terget ke 2 yaitu :

2. Backpacker Cozy Corner
Beralamat di 490 North Bridge Road, Singapore. Ternyata alamat yang ini malah sangat dekat dengan kawasan Bugis, balik lagi deh ke Bugis. Di sini harga termurah SG$ 18 dan gak pake minimal 2 orang, tau gini mending ke sini dulu tadi. Seperti di hostel lainnya disini kita dapat gratis Breakfast dan Internet. Keuntungan lain dari berpetualnga adalah,saya dapat teman dari Indonesia (masih bisa ngomong bahasa Indonesia lah).

Mulai Jalan
Walaupun saya datang ke Singapuranya sendiri , tapi jalan-jalannya gak sendiri dong, di hostel saya ketemu sama 2 orang anak Jakarta namanya mas Fais dan Mas Panji (udah pada kerja) dan itenerary hari pertama mereka gak jauh beda dengan saya. Jadi pas diajak jalan bareng, saya terima dnegan senang hati, sekalian biar ada teman ngobrol pas jalan. Jam 3 kami berangkat dari hostel menuju destinasi pertama, Marina Bay.


Uncle Ice Cream
Oh ya, di kawasan Marina Bay ada yang jualan ice cream, dikenal dengan Uncle Ice Cream soalnya yang jualan bapak bapak separuh baya. Di Singapura banyak orang-orang tua yang bekerja dan jangan dikira kalo pemerintah Singapura tega, itu biar mereka gak cuma berdiam diri di rumah dan nimbun penyakit, jadi selama mereka masih punya tenaga mereka bakal dikasih pekerjaan-pekerjaan ringan, hitung-hitung olahraga dan nyari duit. Katanya kalo ke Singapura harus nyoba nih Ice Cream, harganya SG$ 1 dan banyak pilihan rasa.

Hari pertama ini kami cukup banyak mengunjungi objek di Singapura, diantaranya: Esplanade, patung Merlion tentu saja, dan Gardens by the Bay.


Malam hari kami habiskan di Gardens By the Bay untuk nonton pertunjukan pohon buatan raksasa yang berwarna-warni, cantik banget! ending yang pas lah buat ngilangin lelah seharian. Puas melihat pertunjukan dan keliling taman, kami langsung ke stasiun MRT Bayfront untuk menuju ke Bugis Junction, di sana kami istirahat makan malam. Mengisi tenaga karena setelah itu mau menuju ke Bugus Street untuk belanja. Setelah hasrat belanja telah terpenuhi (yang belanja bukan saya sih) kami kembali ke hostel dan mengistirahatkan jiwa raga, supaya fit untuk petualangan hari ke 2.

Pengeluaran Hari Pertama :
EZ Link Card : $12 + $10 (top up) = SG$ 22
Hostel = SG$ 18
Air Mineral = SG$ 1
Uncle Ice Cream = SG$ 1
Burger = SG$ 6.60

Total = SG$ 48.60

Post a Comment

3 Comments

  1. kenapa gak pake stp aja/murahan STP drpada ezlink

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, masalahnya STP gak berlaku 24 jam full makanya pake EZlink

      Delete