Puasa atau Nggak.. Main Jalan Terus!

Biasanya setiap weekend, saya bersama teman kelas sering main ke ke tempat wisata di Jogja maupun daerah sekitar Jogja. Dua hari sebelum puasa saya bersama Alek dan Mirza main ke Candi Ratu Boko dan Candi Ijo. Setelah itu saya tidak kepikiran untuk main lagi sampai Ramadhan berakhir, apalagi pas puasa energi petualangnya gak 100%. Tapi di puasa hari ke 4 kemarin, saya diajak teman sekampung untuk main ke Borobudur. Sempat malas, tapi karena ada teman yang jauh-jauh dari Makassar ingin sekali ke Borobudur, akhirnya saya ikut.

Berbeda dengan jalan-jalan di hari biasa, main ketika puasa menguras energi dua kali lipat. Normalnya kalau puasa saya biasanya hanya nongkrong bersama teman atau hanya sekedar di kamar menunggu waktu buka puasa sambil menonton anime. Kalau sudah nonton anime, dari pagi gak makan sampai pagi lagi juga tidak jadi masalah, gak kerasa. Nah kalo ini, perjalanan dari Jogja ke Magelang, dibawah terik matahari, panjat mengelilingi Candi Borobudur dari bawah ke atas terus kebawah lagi. Kaki pegel, tenggorokan rasanya kering kaya seminggu di gurun Sahara, perut kosong kaya seminggu gak makan. Bukan cuma saya,  semua juga mengeluhkan hal yang sama.

Kalau mengeluh memang rasa capek, lapar, dan haus jadi semakin terasa, tapi sebagai traveler sejati *preeeeeet* entah itu lagi bulan puasa atau tidak, sekali udah main pantang pulang sebelum mainnya selesai. So, kami mencoba untuk tidak mengeluh dan berusaha mengalihkan rasa capek, lapar, dan haus dengan ngelawak, ngobrol hal-hal gak penting asalkan bergembira. Yang paling penting perbanyak foto-foto, setiap kali capek berhenti bukan untuk ngeluh tapi buat narsis.

Setelah mengelilingi Borobudur sambil bergembira, tak terasa hari mulai gelap. Kami langsung bergegas pulang dan belum beberapa lama dalam perjalanan pulang, adzan berkumandang. Kami berhenti di sebuah warung untuk membatalkan puasa.

Ternyata main ketika sedang puasa itu tidak terlalu buruk, asal dijalani dengan ceria dan kurangi mengeluh. Pasti tidak akan terasa. Jadi kalo kalian merasa sebagai traveler sejati *preeeet lagi* jangan jadikan puasa sebagai alasan kalian untuk berhenti main. Puasa atau Nggak.. Main Jalan Terus!

Post a Comment

0 Comments