Soto Kudus Pakualaman

Setelah sebulan, baru sempat buka blog lagi. Ini karena tau-tau ada bahan yang mau saya tulis. Kali ini bukan tentang main ke mana, saya sekedar mau cerita soal kuliner, yaitu tempat makan soto Kudus di daerah Pakualaman.

Saya tidak terlalu berpengalaman atau banyak mencoba soal kuliner, dan di sini juga saya lebih senang nulis cerita main. Selain karena ga hobi makan, saya juga ga punya banyak duit buat nyoba kuliner ini itu :v. Trus kenapa saya nulis ini, ya random aja sih, pengen nulis


Warung Soto Kudus ini lokasinya di jalan Sultan Agung. Nah sekitar 150an meter arah baratnya Kraton Pakualaman. Nanti ada di sisi utara jalan, ada tulisan Soto Kudus kek foto di atas.

Saya nulis ini bukan karena tempatnya terkenal atau gimana, toh tempatnya ga begitu terkenal. Tapi karena seneng aja sama tempatnya. Sama seperti Kopi Klotok yang sebelumnya pernah saya tulis, karena tempatnya syahdu dan pisang gorengnya yang spesial. Nah kalo di sini, ada tempe gorengnya yang enak, untuk tempatnya sih gak sesyahdu Kopi Klotok yang ada pemandangan sawahnya. Tapi tempat ini lumayan menarik, walaupun gak begitu luas, ada pernak pernik interiornya yang bikin bagus.

Oke soal tempe tadi, sama kek warung soto, sop, ato mie ayam pada umumnya, Soto kudus ini nyediain makanan pendamping tambahan, semisal sate, perkedel, kerupuk dan salah satunya tempe goreng. Saya senang sama tempe gorengnya, biasanya kalo makan soto saya ga begitu suka pake tempe, tapi gatau di sini enak aja. Soto Rembang yang di belakang Bale Bebakaran UNY juga tempenya enak, cuma kurang kriuk. Kalo ada yang baca postingan ini trus mau mampir, coba deh tempenya.

Untuk tempatnya, di dalam ruangan pakai meja kursi kayu. Rapi, trus interiornya menarik, ada speda klasik mini gitu yang digantung di tembok, ada 4 atau 5 sepeda. Ada juga beberapa pajangan lain, kek replika pesawat perang jadul, sama ada beberapa pajangan bingkai. Suasananya ada aura sok klasik gitu sih...

Sebelumnya saya pernah ke sini sekali, cuma ga nyobain tempenya. Kemarin ke sini lagi sama teman, kebetulan dia pengen makan Soto Kudus ini, nah pas yang ke dua ini baru kepikiran buat nulis. Harganya juga standar, mulai 10ribuan, bisa pilih campur atau pisah. Mangkuknya juga lucu gitu, kecil. Padahal kalo gede kek mangkok ramen, mungkin bisa lebih mantap. Tapi nambah duit wkwk

Kesimpulannya, Soto Kudus ini tempatnya bagus, sotonya juga pas di lidah saya. Trus saya sendiri nganggap kalo soto ini enaknya dinikmati kalo pas mau makan santai sih, karena porsinya yang tidak begitu banyak. Jadi kalo saya lagi laper banget, mungkin saya gak milih ke sini. Tapi ini subjektif lho ya, tiap orang beda, mungkin udah ada yang kenyang dengan porsi segitu. Dan kalopun saya lapar banget dan pengen ke sini, tinggal nambah porsi aja. Tadi masalah rasa juga subjektif, gabisa nerangin terlalu jauh karena saya memang bukan pengamat dan spesialis kuliner wkwk, konten ini semata ditulis karena pengen ditulis aja, sama kek postingan yang lain.


Sekian cerita singkat saya menikmati soto ayam kampung di sekitaran Pakualaman kemarin,

yap itu aja hehe~

Post a Comment

0 Comments