Kolam Mata Air Gratis Umbul Pajangan atau Umbul Saren

Satu lagi tempat main air di Jogja yang lumayan bikin segar, namanya Umbul Saren. Oya soal nama ini, katanya sejak dulu namanya Umbul Pajangan. Gatau dah tuh kenapa bisa jadi umbul Saren. Saya sendiri kenapa nyebutnya Saren, karena pertama kali tau dari teman ya namanya itu. haiish skip...

Hari ini saya sama anak-anak kantor (Boim, Wahyu, Rizki, Ical) abis berenang di sana. Awalnya diinisiasi oleh Rizki. Dia tau saya ga bisa berenang trus diajak main ke sini, latian renang. Rizki sering ke sini, dia juga bisa renang. Tapi ya pada akhirnya saya ga seriusan latian renang, kita asik senang-senang wkwk


Umbul Saren ini lokasinya di desa Wedomartani, Ngemplak, Kabupaten Sleman. sekitar 20 menitan lah dari tengh kota. Menariknya, kolam mata air ini gratis. Jadi kamu mau berendam nyampe ganti kulit juga bebas. Hanya saja, kita tetap membayar biaya parkir, Rp. 2000/motor. Di Jogja semua-semua ada aja yang nunggu parkir. Mungkin karena masih baru ya, makanya masih gratis. ga tau besok kalo misal udah terkenal, trus dikelola malah ada tiket masuk.

Saya ga tau soal sejarah tempat ini. Dari sekilas yang saya liat, umbul Saren ini tuh kek kolam mata air untuk pengairan sawah. Jadi sengaja ditembok buat tempat penampungan, malah jadi ga terlihat alami ya?. Walopun dikelilingi tembok gitu, tapi dasarnya masih alami, gak disemen, bawahnya pasir halus. Airnya juga langsung dari mata air itu, seger. Selain airnya yang segar, pemandangannya juga sejuk. Sekelilingnya hamparan sawah, udaranya juga sesegar airnya. Buat nyantai enak banget, tadi anak-anak pada ngopi sambil ngemil gorengan, syahduu.

Karena langsung dari mata air, umbul Saren ini airnya jernih banget. Apa lagi airnya terus mengalir, bukan tampungan gitu. Jadi selalu jernih, karena apdet terus dari mata airnya wkwk. Yang air lama ya mengalir buat pengairan sawah. Satu lagi yang unik, bentuknya tuh keliatan kek bunker perang jaman penjajahan wkwk, gak kek kolam atau umbul pada umumnya. Atau mungkin banyak umbul kek gini bentuknya, saya aja yang baru tau?

Tadi nyebur rasanya seger banget, saya yang ragu karena ga bisa berenang aja jadi ikut nyebur, gara-gara liat yang lain pada asik. Awalnya malu, untung ada Boim, sama-sama ga bisa renang heu heu. Oya, pas tadi kedalaman airnya kurang lebih satu setengah meter, makanya saya masih berani nyebur. Jadi buat yang pen wisata segar-segar gratis, datang aja ke sini, siapa tau besok-besok udah ditarikin bayaran. Gausah khawatir ga bisa renang, ga terlalu dalam. eh tapi nek bocah nggak loh ya, kecuali bocahnya setinggi Yao Ming. Meskipun tempatnya sederhana, keliatan horor kek camp genosida, tapi rekomendasi banget, karena airnya segar, jernih, bersih.

Semoga masyarakat dan juga wisatawan yang berkunjung bisa sama-sama menjaga umbul Saren ini, demi kelestariannya, biar kedepannya tetap bersih dan segar.

Yowes, itu aja sih. Sekian cerita hari ini, meh leren sek.. ngantuk_

Post a Comment

0 Comments