Hutan Pinus Pengger

Saya mau cerita mengenai lokasi wisata malam Jogja. Eh bukan wisata malam yang itu tapi. Maksudnya wisata Jogja yang syahdu untuk kamu nikmati ketika malam hari. Jogja sangat enak dinikmati baik siang maupun malam. Banyak sekali tempat yang bisa dinikmati oleh para wisatawan pada malam hari, salah satunya adalah yang baru saja saya kunjungi kemarin, wisata alam hutan Pinus Pengger.


Main ke hutan kok malam-malam? Sebenarnya wisata pinus Pengger ini bisa dinikmati kapan saja. Subuh untuk menikmati sunrise dan kabut lembah, siang untuk menikmati kesejukan hutan pinus, atau malam yang justru menjadi daya tarik spesial dari objek wisata ini.

Tidak hanya menikmati hutan pinusnya yang syahduuu (dan gelap juga), tetapi ada beberapa spot unik yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Teruatama buat kamu kaum sosialita yang ingin menghiasi feed media sosial dengan pemandangan syahdu, cocok sekali dengan tempat ini.

Menikmati Malam
Mengapa saya bilang kalau pinus Pengger ini mempunyai daya tarik tersendiri pada malam hari? Selain kamu bisa melihat hamparan pemandangan kota Jogja dari puncak, kamu juga bisa berfoto di beberapa spot unik.

Jadi di pinus Pengger, ada beberapa tempat yang sengaja dibuatkan (nyebutnya apa ya?) kaya karya seni gitu. Nah tempat-tempat tersebut biasanya yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Kamu bisa berfoto di situ dengan berlatarkan lansekap kota Jogja yang dihiasi ribuan lampu. Salah satu contohnya seperti foto di atas. Sebenarnya bisa saja kalau siang hari, tapi bisa dibayangkan sendiri perbedaannya.

Saran saya, sebaiknya membawa senjata yang bagus ketika datang ke sini. Senjata maksudnya kamera, supaya bisa mengabadikan gambar dengan lebih bagus dan maksimal. Tapi jangan khawatir, untuk bisa mendapatkan foto seperti di atas, akan ada fotografer yang siap menjepret kalian.

Spot-spot pinggir tebing dengan pemandangan malam Jogja tersebut menyediakan fotografer yang akan menjepret. Jadi kita tidak bisa bebas sesuka hati untuk berfoto di spot-spot tersebut. oh ya, spotnya tidak cuma satu, ada beberapa spot lain. Tapi saya dan teman saya hanya mencoba satu, karena ngantrinya cukup lama. Banyak yang mau, kalau mau coba semua, datang lebih cepat.

Senjata kedua fotografer tersebut tidak perlu diragukan lagi, sudah canggih, disesuaikan untuk foto malam lah. Dan untuk bisa difoto, sebelumnya harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu, nanti ketika sudah giliran akan dipanggil. Setelah di foto, kita akan diminta ke operator untuk memilih foto yang disukai. Biayanya Rp 4.000/foto, bukan per jepret ya. Kalau kalian difoto 10 kali tapi hanya ingin memilih 5, artinya hanya perlu membayar untuk 5 foto yang dipilih saja.

Jika datang lebih awal dan beruntung, bisa dapat nomor antrian yang cepat, kalo gak ya harus sabar menunggu bahkan hingga berjam-jam. Kemarin kami harus menunggu hingga satu jam lebih :( Tapi tenang, jika sekiranya mendapat nomor antrian lama, kamu bisa menunggu sambil makan dan minum. Ada banyak warung yang menyediakan makan dan minum, bisa mencoba kelapa muda atau menikmati indomie dan teh hangat. Atau kamu juga bisa sambil keliling-keliling hutannya dulu untuk foto-foto :D

Akses dan Biaya
Tidak sulit untuk menuju ke hutan pinus Pengger. Aksesnya lancar dan mudah ditemukan di google maps. Dari kota memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan, melalui jalan Wonosari. Saya lebih suka lewat jalan Wonosari, karena pemandangan dalam perjalanan lebih bagus.

Aksesnya bisa menggunakan mobil maupun sepeda motor. Sebaiknya jika tidak punya kendaraan, terutama untuk wisatawan luar kota nih, pinjem teman. Kalo gada teman di Jogja, nyewa aja. Kenapa? biar bebas, bisa mampir sana sini. Biaya masuknya, kita cukup membayar biaya parkir, satu motor Rp 8.000. Gatau kalau pake mobil.

Selesai menikmati hutan pinus Pengger, sempatkan mampir di warung-warung pinggir tebing ketika perjalanan pulang. Levelnya bukan warung pinggir jalan lagi coy, warung pinggir tebing :D. Di sini kita bisa  beristirahat dan makan sambil menikmati pemandangan malam jogja dari atas. Mungkin ada yang pernah ke Bukit Bintang, nah sama seperti itu, tapi lokasinya masih naik terus, lebih tinggi.

Landscape viewnya syahdu, pas banget untuk melepas lelah sehabis mondar-mandir di hutan pinusnya. Apalagi untuk kamu yang datang bersama pasangan, suasananya romantis, hati hati kebawa suasana bisa-bisa ga pulang.

Jadi buat yang bingung ingin menghabiskan malam di Jogja, hutan pinus Pengger ini bisa menjadi rekomendasi tempat wisata malam yang yahud. Dan saran terakhir dari saya, jangan datang sendiri, mending sama pasangan, paling gak rame-rame sama teman atau keluarga wkwk

Post a Comment

0 Comments