Berburu Sunset di Bukit Paralayang Watugupit, Parangtritis

Setelah sebelumnya saya menulis lokasi sunset view yang dabes di Jogja yaitu dari menara mercusuar pantai Pandansari, kali ini saya mau merekomendasikan lagi salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Yogyakarta, yaitu bukit Paralayang Watugupit. Lokasinya berada di daerah wisata pantai Parangtritis, bagian perbukitannya. Kemarin saya baru saja dari sana.

Dari kota, membutuhkan waktu sekitar satu setengah hingga dua jam perjalanan, tergantung kecepatan dan kelancaran lalulintas. Akses menuju ke sana bisa menggunakan mobil atau motor. Untuk transportasi umum, mungkin akan sangat menyulitkan, karena harus berganti ganti kendaraan, pakai taxi pasti mahal. Saran saya sebaiknya menyewa motor/mobil bagi kalian yang dari luar kota atau yang tinggal di Jogja tapi tidak memiliki kendaraan.


Bukit paralayang ini menyajikan pemandangan yang sangat indah, baik siang, sore maupun malam hari. Terutama bagi yang punya pasangan nih, lokasi ini perlu sekali kamu kunjungi ketika di Jogja, romantis abiiis. Satu lagi saran nih, kalau mau ke sini sebaiknya melihat kondisi cuaca, dan sebisa mungkin membawa kamera yang bagus. Agar mendapat bentuk sunset yang ciamik. Sayangnya ketika saya di sana, kondisinya sedikit berawan, padahal cuacanya cukup cerah. Yah untuk foto-foto yang bagus bisa guguling lah ya.. kalo penasaran.

Yang spesial dari lokasi ini adalah, selalu menyajikan pemadangan yang indah untuk dinikmati kapanpun kita datang. Tapi pas cuaca bagus loh ya. Kalau kamu datang terlalu cepat, kamu bisa menikmati penadangan pantai parangtritis beserta hamparan lautnya yang luas terlebih dahulu, sembari menunggu waktu sunset tiba. Kalau datangnya pas dengan moment sunset, ya tentu saja indah, karena sesuai dengan moment yang dicari. Nah ketika kamu terlambat dan ketinggalan momen melihat sunset, kamu tidak perlu kecewa, karena pemandangan di malam hari tidak kalah keren. Justru menjadi lebih romantis, ya kalo kamu bawa pasangan. Kalau sendiri, mau bagus juga tetap aja kasian.

Waktu yang bagus adalah ketika kamu datang sesaat sebelum momen matahari tenggelam, dan begitu hari mulai gelap, tidak perlu terburu buru untuk pulang. Kamu perlu menikmati sedikit lebih lama. Gemerlap bintang di kejauhan dan lampu-lampu di tepi laut menghiasi gelapnya malam. Suasana menjadi romantis ketika kamu duduk di tepi tebing menikmati pemandangan sembari mengisi perut.

Jadi di bukit Paralayang ada beberapa warung dan tempat makan. Sama seperti di lokasi-lokasi iwsata pada umumnya. Nah, di pinggir tebing tersedia banyak tempat duduk yang bisa kita tempati untuk menikmati hidangan yang sudah dipesan sebelumnya. Cukup pergi ke salah satu warung, pesan menu sesuai selera, jangan lupa menuliskan nama. Setelah itu kamu tinggal mencari tempat yang sekiranya pas untuk menikmati pemandangan. Nantinya makananmu akan diantarkan, mas-mas pelayannya akan memanggil nama. Soalnya gelap, gabisa apal muka.

Nah syahduu kan? selain bisa menikmati sunset, kita juga bisa menyantap makanan sekaligus menikmati pamandangan malam yang indah dan romantis.

Post a Comment

0 Comments