Lampion Waisak Borobudur

Tepar seharian, kemarin malam begadang nonton acara Waisak pelepasan lampion di Borobudur. Ga tanggung-tanggung, acara puncak pelepasannya tengah malam. Jam 01.00 dini hari. Makanya balas dendam, tidur seharian. Saya ke sana sama teman-teman, ga saya sebut satu-satu karena rameee


Pelepasan lampion di Borobudur ini selalu ada setiap tahunnya, bertepatan dengan hari raya Waisak umat Budha. Jadi buat yang penasaran dengan upacara ini, silahkan bikin jadwal berkunjunga ke Jogja yang bertepatan dengan hari raya Waisak. Eh tapi ini kan di Magelang wkwk. Jogja ke Borobudur kurang lebih 45 menit sampai satu jam, ga terlalu jauh kok.

Dari Jogja kami berangkat rame-rame, sekitar jam 11 malam. Sampai di Borobudur, kami tidak langsung menyaksikan acara pelepasannya. Kami masih menunggu kurang lebih sejam, sengaja datang lebih awal biar ga ketinggalan. Sambil menunggu acara puncak, sembari ngobrol kami juga menyaksikan beberapa rangkaian upacara Waisak.

Hingga akhirnya semua rangkaian upacara selesai. Waktu yang kami tunggu-tunggu, yaitu pelepasan 1000 lampion sebagai penutup. Hal utama yang kami lakukan adalah, mempersiapkan kamera wkwk. Kami tidak mau ketinggalan momen berfoto bersama dengan latar 1000 lampion yang terbang. Kebetulan Ari sudah mempersiapkan kamere beserta tripodnya. Tinggal hajar aja.

Tentunya bukan cuma kami yang menantikan momen seperti ini. Banyak masyarakat yang juga menonton upacara ini. Baik masyarakat sekitar, warga Magelang, wisatawan dari Jogja, luar propinsi hingga wisatawan mancanegara. Jadi upacara ini nih udah jadi kek wisata budaya tahunan yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Ini nih salah satu yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Magelang.

Dan.. setelah selesai berfoto-foto dan juga puas menyaksikan ratusan lampion yang menerangi langit malam, kami bersiap untuk kembali ke Jogja. Senangnya ilang, langsung pada capek, ngantuk. Alhamdulillah semua aman sentosa dari berangkat, hinga sekarang kembali ke tempat masing-masing.

Sekian cerita saya dan teman-teman di Borobudur. Kalau ada kesempatan, taun depan mau nonton lagi. Sampai jumpa di postingan berikutnya_

Post a Comment

0 Comments