Schillers Gartenhaus, Jena

Beberapa hari yang lalu saya udah cerita kunjungan kami ke rumah/museum Goethe yang ada di kota Weimar. Di sana juga ada rumah sekaligus museum Schiller, tapi kami tidak mampir. Karena sebelumnya, di Jena, kami sudah berkunjung ke rumah Schiller. Nah pengalaman itu yang akan saya ceritain sekarang. Urutan ceritanya ga jelas emang hehehe, lama soalnya, udah lupa lupa.


Dari hotel kami menuju ke tempat ini tidak terlalu jauh, kurang lebih 10 menit berjalan kaki. Ya meskipun ada kami punya bus, sebagian besar aktivitas bepergian yang kami lakukan di Jena, kami tempuh dengan berjalan kaki. Orang di Jerman memang lebih suka berjalan kaki atau bersepeda, didukung juga oleh cuaca yang dingin, sehingga sejuk dan kita tidak mudah berkeringat.

Sebenarnya sama saja dengan rumah Goethe yang saya ceritakan kemarin, Schiller Gartenhaus ini adalah salah satu rumah yang pernah ditempatin Schiller ketika di Jena. Beliau adalah salah seorang penulis sekaligus filsuf Jerman yang terkenal. Di sini tentu saja seperti musium barang-barang peninggalan Schiller. Ada perabotan rumah yang pernah dipakai Schiller, ada juga replika tulisannya yang dipajang.

Perbedaannya dengan rumah Goethe, rumah ini ukurannya lebih kecil, tapi tamannya guedeeee bangeet. Berlipat-lipat dari taman rumah Goethe. Mungkin itu ya alasan namanya Gartenhaus (Garten=kebun Haus=rumah). Nuansanya sejuk banget begitu main ke tamannya. Asik kayaknya kalo punya rumah dengan taman seluas ini, tapi ngerawatnya ekstra maksimal :D

Rumahnya ada lantai duanya juga, sama kaya punya Goethe. eh ada lantai juga di atapnya, berarti 3 lantai. Kami diajak berkeliling rumah dan taman oleh seorang pemandu, sembari mendengarkan beliau menjelaskan mengenai sejarah objek-objek yang ada di situ. Setelah selesai, kami dipersilahkan untuk menikmati terlebih dahulu, misalnya berfoto-foto sembari beristirahat.


Ya, demikian cerita singkat kunjungan kami di rumah Schiller. Selanjutnya masih menceritakan petualangan kami di Jena, namun di objek yang berbeda. Oya, berikut beberapa penampakan bagian dalam rumah:


Post a Comment

0 Comments