Lolos dari cengkraman MLM

ilistrasi via medium: Hamidun Ervanda

Sebuah kisah yang bisa dibilang menyedihkan,,

Jadi bulan lalu, entah tanggal dan harinya kapan, saya lupa, saya diajak sama temen yang pernah sama sama bimbel yang di UIN. Tidak seperti biasanya, hari itu tumben banget malam dia nelpon saya, padahal smsan aja ga pernah dan ketemu juga cuma pas bimbel dulu itu. Modusnya dia ngajakin aku buat ngikut apa ya? katanya semacam seminar gitu. Dan dia ngajak saya untuk ikutan seminar itu besok.

Karena kebetulan besoknya saya ga ada kesibukan, saya iyain aja. Ga ada salahnya utnuk ikut seminar. Dia yang nentuin tempat dan waktu pertemuan sebelum ke tempat seminar, yaitu di masjid UIN.

Keesokan harinya siaya siap-siap berangkat kesana, tapi saya ga punya kendaraan boy... akhirnya ga bisa dehh.......

Sialnya... saya ngajak teman yang punya motor, jadi saya ga berangkat sendiri. Singkat cerita, saya dijemput dan langsung menuju ke tempat perjanjian. Sampai sana kami gk langsung berangkat, reunian bentar... *maklum, lama gk ketemu*

Dan pas sedang asik-asiknya ngobrol, ada kakak-kakak cewe datang, ternyata dia datang buat jemput kami menuju tempat seminarnya. Oke kami langsung menuju ke tempat seminarnya berlangsung.

tik,,tok tik,,tok

Waktu berlalu, kami sampai di tempat tujuan, dan kami langsung masuk ke ruang seminar. Jengjeng.. pas ngeliat ruangan seminarnya saya langsung syok berat...*lebay dikit* gimana ga gitu? tempatnya sempit banget, ukurannya kira-kira 2x5 meter. Dan tempat itu harus diisi hampir seratus peserta. gk gila apa? Udah kaya penjara. Nah yang paling bikin saya heran adalah, tempat itu kok diputerin lagu-lagu disko? #ini kita mau seminar apa mau dugem???

Tapi ya udahlah, hak panitia. Saya belum ada curiga apa-apa saat itu, belum nyadar kkaya sekarang.

Setelah menunggu beberapa menit, acarapun di mulai. Untuk yang kedua kalinya, saya syok lagi. Kenapa? Ternyata itu bukan seminar biasa, luar biasa juga gk tuh? Itu seminar mengenai sebuah perusahaan MLM yang lagi nyari anggota buat promosiin perusahaan dan obatnya, kalian pasti tau lah perusahaannya.

Saya langsung malas, dan ga begitu konsen ngedengerinnya. Dulu saya udah pernah dilarang ikut yang gituan. Singkat cerita (lagi) akhirnya  presentasinya selesai, tapi ga disuruh pulang dulu. Nah disinilah semua dimulai.

Saya dan anggota lain dijelasin tentang struktur dan sistem kerja MLM tersebut. Kami para peserta dibagi kedalam beberapa kelompok dan dirayu-rayu, tapi masih tahan. Dirayu-rayu lagi, masih pada tahan juga... di rayu terus... tetep gk tergoyah........

Ga mau nyerah, akhirnya datang satu orang lagi buat ngerayu, kayaknya udah senior gitu. Trus kami di ajak ngobrol sambil dirayu gitu. Jadi belakangan setelah masalah selesai baru saya sadar kalo cara ngomongnya sakti. Tapi pada saat itu saya betul-betul mengalir dalam omongannya, ga tau yang lain. Kami diceritain ini-itu, dan karena ngedengerin pengalamannya yang sukses, dengan teknik komunikasi yang persuasif, sedikit demi sedikit saya mulai terpengaruh.

Singkat cerita lagi, saya kena. Saya langsung pengen daftar, tapi ga punya duit. Untuk pendaftaran pertama butuh duit sekitar 2juta lebih. Sebenarnya saya punya sih di ATM, hanya ga saya beritahu. Karena duitnya buat beli laptop, ya laptop yang saya pake buat tulis cerita ini sekarang.

Saya pikir saya selamat... karena meskipun saya terpengaruh dan masih berniat untuk daftar, tapi saya ga punya uang... TAPI CERITA BERLANJUT!!!

Mereka masih belum nyerag (lagi). Dan untuk mengatasi masalah itu, saya dikasih solusi buat gadaiin barang yang saya punya. Tapi sebagai mahasiswa baru dari desa, saya ga punya barang apa-apa untuk digadaiin untuk dapat duit 2juta lebih. Tapi yang begonya,, saya bilang kalau saya punya laptop, padahal kan belum dibeli.

Saya disuruh ngegadaiin laptopku, tapi yang mana? kan ga ada :D
Terlibat dalam obrolan panjang, akhirnya saya ngaku kalo punya duit di tabungan. Jeng jeng jeng, akhirnya saya mau daftar. Saya bilang besok saya daftar sekalian ambil duitnya. Tapi malam itu juga saya diminta buat ngambil duitnya, mereka mau anterin ke ATM. Sial triknya buat peserta ga bisa berpikir. Tapi ya saya baru nyadarnya sekarang, kemarin saya iya-iya aja.

Singkat cerita (yang ke sekian) setelah selesai ngambil duit dan bayar, saya langsung diantar balik ke kosan. Nah ini yang aneh, begitu sampe kos dan masuk ke kamar kos saya tiba-tiba merasa menyesal. Mungkin dikira ini ngarang, tapi settt rasa nyesal itu tiba-tiba aja tepat pas masuk kamar. Tapi nasi sudah menjadi bubur, dan duitnya juga udah diserahkan.

Malam itu saya benar-benar kepikiran terus dan ga bisa tidur. Saya pengen batalin pendaftaran, tapi gimana caranya? Trus saya SMS mereka minta supaya pendaftarannya dibatalkan, tapi ga dibales. Saya telpon tapi nomernya tidak aktif.... mampuss!!! Semalaman rasanya lemas, apalagi uang yang saya pake, uang buat beli laptop. Kalo ditanya sama orang tua gimana?

Oke, karena saya ga bisa nanganin sendiri, saya minta bantuan sama senior SMA saya dulu, kebetulan dia juga kuliah di Jogja. Tapi sebelumnya saya buat sekenario. Jadi ceritanya saya dimarahin sama ayah kalau ngikut MLM kaya gituan dan bakalan disuruk balik, ga usah kuliah kalau masih ngelanjutin. Ga cukup boongin kaya gitu. Saya juga bilang dimarahin sama kakak (senior tadi yang saya minta pura-pura jadi kakak) karena uang yang saya pake itu uang kakak yang saya pinjam dengan alasan untuk bayar kos... *hehehe,,

Setelah skenario selesai, saya ajak seniorku ketemuan untuk menjelaskan semuanya. Jadi nantinya senior yang jadi kakak saya akan beradegan buat marahin #hahahaha calon artiiis

Berikutnya tinggal menentukan waktu buat mengadegankannya. Saya coba terus hubungin nomernya dan akhirnya dewi fortuna berpihak... nomernya bisa dihubungi! Saya langsung minta janjian untuk ketemuan,  dia minta tempat pertemuannya di tempat kemarin, waktu pertamakali bertemu yaitu lokasi presentasi kemaren.

Segera saya dan senior pun menuju kesana. Pas ketemu tanpa membuang-buang waktu kami langsung menjalankan skenario yang suda kami susun sebelumnya. Dengan kemampuan akting yang 'profesional', akhirnya pihak mereka percaya dan ngembaliin duitnya. Rasanya legah banget saat itu......

yahhhh akhirnya urusan selesai....

Nah tau ga, ternyata setelah saya berhasil batal daftar, temen saya yang kemarin ngajak unutk ikut MLM itu, cerita... dia sebenernya juga nyesel, karena harus gadaiin laptopnya. Orang tuanya juga ga setuju, tapi dia telat nyeselnya jadi udah terlanjur resmi dan ga bisa keluar. Kemarin saya masih aman karena walopun udah ngasi duit, produknya belum mereka kasih. Temen saya itu katanya kalau modalnya udah balik, dia mau keluar.....

Hari-hari berikutnya saya cerita ke teman-teman, mereka malah ketawa-ketawa....
Dan si Ari (teman kelan), ngalamin kejadian yang sama persis, diajak teman lama unutk ikut seminar. Untungnya dia udah denger kejadian yang saya alami, dan juga dia ga suka ama gituan, dia langsung nolak.

Sampai sekarang saya masih dihubungi oleh pihak MLM, entah mau ngapain? mau ngajak lagi paling. Tapi saya sudah trauma, dan ga bakal mau kejebak lagi. Amiin

Sebelum mengambil tindakan untuk melakukan sesuatu, seharusnya dipikirkan dulu, saya seharusnya gitu kemaren. Tapi apa daya saya masih mahasiswa baru yang blm tau apa-apa kehidupan kota....

Semoga cerita aneh ini bisa jadi pelajaran, hehe jagan ditiru ya........ ^.^

Post a Comment

0 Comments